KIM Kabupaten Bantul Ikuti Sosialisasi (Online) Pilkada Serentak 2020

Sebagai salah satu bentuk pengembangan dan pemberdayaan mitra strategis, Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kabupaten Bantul dalam upaya turut serta mensosialisasikan Pemilihan Kepala Daerah Serentak Tahun 2020 kepada seluruh masyarakat mengikuti Sosialisasi Online dengan format webinar, Selasa (10/11/2020). Kegiatan ini diselenggarakan oleh Direktorat Tata Kelola dan Kemitraan Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI melalui Aplikasi Zoom Cloud Meeting dengan mengambil tema “Pemilihan Serentak 2020 : Cerdas, Sehat dan Damai”

Ada 2 (dua) KIM yang mengikuti sosialisasi yaitu KIM Ratna Sari, Polosiyo, Poncosari, Srandakan dan KIM Muda Raharja, Jati, Sriharjo, Imogiri. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat membekali penggiat KIM dengan wawasan dan pemahaman serta kesiapan yang perlu dilakukan masyarakat agar menjadi pemilih yang cerdas, tetap damai dan aman dari Covid-19 pada Pilkada Serentak 2020.
Forum dibuka oleh Prof. Dr. Widodo Muktiyo, Dirjen Informasi Komunikasi Publik, Kementerian Komunikasi dan Informatika RI. Menghadirkan 3 (tiga) orang narasumber yaitu : 1. Pramono Ubaid Tanthowi, MA, Komisioner Komisi Pemilihan Umum RI, yang membahas materi tentang Pemilihan Serentak 2020 Era Adaptasi Kebiasaan Baru, 2. Wicaksono, Praktisi Media Sosial, membahas materi tentang Pemilih Cerdas Pemimpin Berkualitas, 3. Kombes Pol. Tjahyono Saputra, Kabag. Yaninfodok Biro PID Devisi Humas Polri, membahas materi tentang Pemilu Damai Lebih Demokratis.
Mengingat peran masyarakat sebagai pemilih sangat signifikan dalam menentukan masa depan pembangunan di daerahnya, meski dalam situasi pandemi Covid-19 masyarakat dituntut cerdas memilih kepala daerahnya, disiplin menjaga kesehatannya serta turut menciptakan situasi pemilihan yang damai. Untuk itu para KIM perlu dibekali dengan wawasan dan pemahaman yang mumpuni terkait Pilkada Serentak 2020 serta kesiapan-kesiapan yang perlu dilakukan.
Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia Nomor 8 Tahun 2019 tentang Penyelenggaraan Urusan Pemerintah Konkuren Bidang Komunikasi dan Informatika, Kelompok Informasi Masyarakat menjadi salah satu mitra strategis pemerintah. KIM dapat berperan sebagai motor penggerak untuk mengedukasi masyarakat agar tetap berpartisipasi aktif dan cerdas dalam Pilkada Serentak 2020 dengan memperhatikan dan menerapkan protocol kesehatan agar terhindar dari Covid-19. (sri)