Pantai Baru Terapkan Adaptasi Kebiasaan Baru

Mengingat kegiatan ekonomi harus tetap berjalan di tengah pandemi wabah Virus Corona, pariwisata di Kabupaten Bantul sudah mulai di buka untuk umum sejak 1 Juli 2020 dengan menerapkan protokol kesehatan. Salah satu obyek wisata di Pantai Baru, Ngentak, Poncosari, Srandakan juga sudah menerapkan aturan adaptasi kebiasaan baru protokol kesehatan.

Adaptasi kebiasaan baru adalah pola kehidupan masyarakat yang menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari dalam kegiatan masyarakat diberbagai bidang untuk mencegah penularan Covid-19. Protokol kesehatan adalah tahapan yang harus ditempuh oleh orang, kelompok, atau lembaga pada saat akan melakukan aktivitas dengan cara memeriksa suhu tubuh, menyediakan tempat cuci tangan dengan air mengalir dan sabun/handsanitizer , menggunakan masker serta jaga jarak agar tidak terjadi kerumunan.

Ketua Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Pantai Baru Suwandi yang ditemui Minggu (26/7) mengatakan objek wisata Pantai Baru mulai uji coba tanggal 4 Juli 2020 lalu. Pengelola dan pedagang sudah melengkapi fasilitas untuk penerapan protokol kesehatan, diantaranya dengan menyediakan tempat cuci tangan, menjaga jarak dan wajib memakai masker. Setiap pengunjung yang masuk dilakukan pengukuran suhu tubuh.

Untuk menjaga ketertiban di masing-masing obyek wisata Tim Gabungan dari Satuan Polisi Pamong Praja, TNI dan Polri secara rutin terjun langsung monitoring pengunjung di area wisata serta melakukan himbauan melalui pengeras suara. Diharapkan sektor pariwisata di Bantul segera bangkit kembali dan pengunjung merasa nyaman dan aman. (sri)